Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun, Tax Center Universitas Gunadarma menyelenggarakan Gunadarma Tax Festival. Bertajuk “Peran Tax Center dalam Upaya Membangun Kesadaran Pajak pada Era Reformasi Perpajakan”, kegiatan ini merupakan kerja sama Universitas Gunadarma dengan DDTC Consulting, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan dan Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak (Kanwil DJP) Jawa Barat III.

Gunadarma Tax Festival dilaksanakan pada Kamis (23/1) di Kampus D dan F8 Universitas Gunadarma, Depok. Dimulai pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 12.00 WIB acara ini meliputi Seminar Nasional Pajak, MoU dengan DDTC, Pengukuhan Relawan Pajak, Penghargaan Dosen Inklusi Pajak, serta Lomba Poster dan Video Pajak.

Tujuh Perguruan Tinggi yang mengikuti acara pengukuhan Relawan Pajak adalah:
• Universitas Gunadarma
• UI Vokasi,
• IPB Vokasi,
• STIAMI Bekasi,
• Universitas Bhayangkara,
• IAI Tazkia, dan
• IBI Kesatuan

Pada acara pengukuhan Relawan Pajak, setiap Perguruan Tinggi yang sudah MoU dengan DJP Kanwil Jabar III diwakili oleh tiga orang yang terdiri dari seorang laki-laki dan seorang perempuan untuk diberi selempang relawan pajak dan souvenir, serta seorang laki-laki yang membawa bendera perguruan tinggi masing-masing.

Kemudian, sepuluh relawan dari setiap perguruan tinggi mendapat kaos dari Kanwil Jabar III untuk menjadi peserta seminar yang bertajuk “Tantangan dan Peluang Perpajakan di Era Revolusi Industri 4.0). Seminar diisi oleh beberapa pembicara, yaitu Suryo Utomo (Direktur Jenderal Pajak), Suahasil Nazara (Wakil Menteri Keuangan RI), Catur Rini Widosari (Kepala Kanwil DJP Jawa Barat III), Darussalam (Managing Partner of DDTC), Yon Asral (Direktur Potensi Kepatuhan dan Penerimaan Pajak DJP), dll. Serta dimoderatori oleh Teddy Oswari (Dosen Gunadarma).

Penghargaan dosen terbaik diberikan kepada empat Dosen Gunadarma yang mengampu Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) yang disisipkan materi inklusi kesadaran pajak, yaitu: Elia Umbu Zasa (Kewarganegaraan), Diah Turis Kaemirawati (Pancasila), Fatchullah Zarkasi (Agama), dan Tri Wahyu Retno Ningsih (Bahasa Indonesia). Adapun penghargaan akan diberikan dalam bentuk plakat, sertifikat, dan souvenir dari Universitas Gunadarma dan Kanwil Jabar III. Penilaian penghargaan itu sendiri dilakukan dari hasil penyebaran kuesioner ke kelas-kelas masing-masing dosen MKWU.

Untuk Lomba Poster dan Video Pajak, pendaftaran telah dibuka sejak 9 Desember 2019 dan ditutup pada 15 Januari 2020, dengan batas waktu pengumpulan karya pada 20 Januari 2020 dan pengumuman pemenang saat acara berlangsung. Lomba poster dimenangkan oleh Bagas Dwi Rizqi (Juara 1, Universitas Gunadarma), Kenty Nursella (Juara 2, Universitas Gunadarma), Abdullah Haidar (Juara 3, IAI Tazkia Bogor). Sedangkan lomba video dimenangkan oleh judul “Pajak Kita Untuk Kita” (Juara 1), “Tax Between Us” (Juara 2), dan “Untuk Indonesia” (Juara 3). Ketiga pemenang lomba video berasal dari Akademi Komunikasi Media Radio dan TV.
Peserta terlihat sangat antusias. Terutama saat sesi doorprize yang disponsori oleh DDTC Consulting. Acara pun berlangsung dengan lancar tanpa ada hambatan yang berarti.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>