Pajak Bertutur Kanwil DJP Jawa Barat 3 2019 dilaksanakan hari ini Jumat, 22 November 2019, di botani convention center Bogor. Agenda ini juga diselenggarakan secara serentak dari Sabang sampai Merauke, oleh seluruh jajaran Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, termasuk Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta. Acara Pajak Bertutur ini merupakan rangkaian dari Pekan Inklusi Kesadaran Pajak yang dibuka oleh Direktur Jenderal Pajak.

Pada sesi talkshow materi Pajak bertutur untuk Perguruan Tinggi ini disampaikan oleh Kepala Kanwil DJP Jawa Barat 3 Dra. Catur Rini Widosari, Ak.,M.B.T. dan di moderatori kepala Bidang P2humas Kanwil DJP Jawa Barat 3 B.Rachmat Prabowo, Ak.,MM.

Narasumber talkshow lainnya Rektor Universitas Gunadarma (Prof. Dr. E.S. Margianti, SE.,MM.) dan
Direktur Pembelajaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP)
Pada kesempatan ini Kepala kanwil DJP Jawa Barat 3 menekankan pentingnya pajak sebagai tulang punggung pembiayaan pembangunan negara indonesia. Sebagaimana di ketahui sekitar 75% APBN bersumber dari penerimaan pajak. Untuk mendorong tercapai nya penerimaan pajak yang optimal di butuhkan kesadaran pajak baik wajib pajak maupun masyarakat Indonesia.

Tujuan dari agenda Pajak Bertutur ini antara lain:
1. Memberikan pemahaman kepada para guru, dosen, murid dan mahasiswa tentang keuangan negara serta cara memenuhi kebutuhan anggaran melalui pajak;
2. Memberikan kesadaran tentang program edukasi kesadaran pajak dalam pendidikan yang dilakukan oleh Kemenkeu DJB (Direktorat Jenderal Pajak), bekerjasama dengan Kemendikbud dan Kemenristekdikti;
3. Memberikan kesadaran tentang program edukasi kesadaran pajak dalam pendidikan kepada seluruh pegawai di lingkungan Dirketorat Jenderal Pajak;
Kegiatan “Pajak Bertutur” ini juga dilakukan untuk mewujudkan Generasi Emas Indonesia melalui edukasi kesadaran pajak dalam pendidikan. Ini merupakan upaya DJP dalam berkontribusi membangun bangsa melalui pendidikan, bekerjasama dengan pihak-pihak yang terkait dengan pendidikan.

Membangun generasi mendatang sama artinya dengan membangun masa depan DJP. Oleh karena itu, upaya-upaya dalam rangka edukasi kesadaran pajak bersama dunia pendidikan harus didukung oleh segenap insan DJP dalam semua tingkatan. Program edukasi kesadaran pajak harus mendapatkan perhatian yang serius dengan tidak mengesampingkan prioritas utama institusi dalam mencapai penerimaan pajak.

Agenda pajak bertutur ini, diakhiri penganugerahan Award untuk lembaga pendidikan tinggi yang aktif dalam mendukung suksesnya penerimaan pajak melalui gerakan menumbuhkan kesadaran membayar pajak masyarakat. Kategori terbaik di anugerahkan kepada rektor Universitas Gunadarma dan di ikuti oleh rektor perguruan tinggi laen di wilayah kanwil DJP Jawa Barat 3 seperti UI Depok, IPB bogor, Stiami Bekasi, Institut bisnis dan informatika kesatuan Bogor, Univ. Bhayangkara Bekasi, Universitas Ibnu kaldun Bogor dan Institut agama Islam Tzakia Sentul.

DJP berharap jika pajak sudah di perkenalkan sejak dini maka pada saat mereka sudah memiliki penghasilan mereka akan mempunyai kesadaran perpajakan untuk menjadi warga negara yang taat dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan nya. (mbh)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>