JAKARTA, – Badan Pusat Statistik (BPS) merilis capaian inflasi pada Januari 2019 jauh lebih rendah dari posisi Januari tahun lalu.

Kepala BPS Suhariyanto mengungkapkan pada Januari 2019, indeks harga konsumen (IHK) Indonesia tercatat naik (inflasi) sebesar 0,32% (month to month/mtm). Jika dibandingkan dengan tahun lalu (year on year/yoy) inflasi tercatat sebesar 2,82%.

“Ini merupakan capaian bagus di awal tahun dan ke depannya kita harap tetap terkendali,” katanya dalam konferensi pers, Jumat (1/2/2019).

Suhariyanto menyatakan bahwa inflasi Januari 2019 tercatat sebagai inflasi Januari terendah dalam tiga tahun terakhir. Pasalnya, angka 0,32% masih lebih rendah dari inflasi Januari 2018 yang sebesar 0,62% dan pada 2017 yang tercatat 0,97%.

Meskipun tercatat lebih rendah dibandingkan data dua tahun lalu, dia memastikan daya beli tetap terjaga. Hal tersebut dibuktikan dengan komponen inflasi inti yang moderat bergerak di angka 3% secara tahunan (yoy).

Bila dilihat berdasarkan komponen, bukan persoalan daya beli yang menjadi catatan BPS. BPS memberikan perhatian lebih pada komponen harga bergejolak. Pasalnya, inflasi dari harga bergejolak menjadi motor utama mengerek inflasi pada Januari 2019.

Angka inflasi harga bergejolak tercatat sebesar 0,97%. Angka ini mencatatkan posisi tertinggi dibandingkan dengan komponen inti yang sebesar 0,30%, harga diatur pemerintah deflasi 0,12%, dan komponen energi yang juga deflasi 0,44%.

Hal ini juga tercermin dari andil inflasi berdasarkan kelompok pengeluran. Bahan makanan menjadi kontributor utama inflasi. Bahan makanan menyumbang 0,18%, yang kemudian disusul makanan jadi sebesar 0,05%, perumahan sebesar 0,07%, dan sandang sebesar 0,03%.

“Daya beli masih oke karena inflasi inti sejak November tahun lalu ada di 3%. Yang harus diperhatikan adalah volitile food. Oleh karena itu program 4K akan terus dijalankan antara pemerintah dan BI yakni keterjangkuan harga, ketersedian pasokan, kelancaran distribusi dan komunikasi yang efektif,” jelasnya. (kaw).

Sumber : https://news.ddtc.co.id/inflasi-januari-2019-rendah-bps-daya-beli-masih-oke-14889

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>