Dalam rangka memperingati Hari Pajak, Direktorat Jenderal Pajak menyelenggarakan Pekan Inklusi Kesadaran Pajak 2018 yang berlangsung pada tanggal 5-9 November 2018. Salah satu rangkaian kegiatan yaitu Workshop Penulisan Berita  untuk 100 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Jabodetabek yang diadakan di Aula Cakti Buddhi Bakti Gedung Mar’ie Muhammad Kantor Pusat DJP pada Selasa (6/11).

Workshop yang dimulai pukul 08.00 WIB menghadirkan Redaktur Pelaksana Majalah Tempo dan Penulis Internal DJP sebagai narasumber. Selain itu, selama acara berlangsung diadakan kuis yang pemenangnya diumumlan di akhir acara.

Di sesi pertama, Bagja Hidayat selaku Redaktur Pelaksana Majalah Tempo menyampaikan materi tentang Penulisan Artikel Populer. Ia mengungkapkan bahwa penulis harus memiliki 2 modal, yaitu curious dan skeptic. Lalu, artikel populer yang merupakan produk jurnalistik terbatas oleh ruang tafsir jadi tidak boleh multitafsir dan ditujukan untuk siapa saja ke arah siapa saja sehingga harus disampaikan dengan sederhana, tidak rumit, tapi tetap dapat menghibur.

Kemudian di sesi kedua, Riza Almanfaluthi dan Wiyoso Hadi yang merupakan penulis internal DJP menyampaikan materi tentang Penulisan Berita, namun lebih spesifik kepada standar penulisan berita di situs DJP. Keduanya memaparkan tentang 7 hal substansial dalam artikel.

Kegiatan selesai pada pukul 15.00 WIB dan diakhiri dengan foto bersama serta pembagian sertifikat untuk peserta.

 

 

10 Nov 2018

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>