Tax Center Universitas Gunadarma bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pajak menggelar acara Sosialisasi Mata Kuliah Dasar Umum Inklusi Kesadaran Pajak bertajuk “Inklusi Kesadaran Pajak tingkat Pendidikan Tinggi dalam Rangka Mewujudkan Generasi Emas yang Cerdas dan Sadar Pajak” pada Kamis (13/9). Acara yang digelar di auditorium Kampus D Universitas Gunadarma mulai pukul 09.00 WIB ini diikuti oleh dosen pengajar mata kuliah dasar umum dengan tujuan agar dosen dapat menyisipkan materi perpajakan dalam mata kuliah yang mereka ajarkan sehingga dapat mewujudkan generasi sadar pajak melalui pendidikan mata kuliah tersebut. Adapun mata kuliah dasar umum di antaranya adalah Pendidikan Kewarganegaraan, Pancasila, Bahasa Indonesia, dan Agama.

     Acara dibuka dengan pembacaan doa, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Padamu Negeri. Setelah itu Dr. Beny Susanti., SE., MM., selaku ketua pelaksana kegiatan dan pengelola Tax Center Universitas Gunadarma mengawali sambutan. Selanjutnya sambutan dari Rektor Universitas Gunadarma, Prof. Dr. E. S. Margianti., SE., MM lalu pembukaan sekaligus penyerahan cinderamata oleh Plt Kepala Kanwil DJP Jawa Barat III, Edward Hamonangan Sianipar.

Sambutan Dr. Beny Susanti., SE., MM.,

 

Sambutan Prof. Dr. E. S. Margianti., SE., MM.,

 

Sambutan Edward Hamonangan Sianipar

     Dalam sambutan ketiganya mengutarakan mengenai betapa pentingnya pajak karena merupakan pilar utama pembangunan bangsa. Maka dari itu partisipasi dosen dalam memberikan pemahaman pentingnya kesadaran pajak sebagai salah satu bentuk cinta kepada negara dengan bahasa yang sesuai dengan mata kuliah yang diberikan kepada para mahasiswa sangatlah diperlukan. Apalagi diuraikan pula bahwa data pada tahun 2012-2017 menunjukkan pemasukan pajak tidak mencapai target, yakni 78% dari total APBN. Kendala SDM petugas pajak dari segi jumlah turut menjadi salah satu faktor agar akademisi memiliki peran serta untuk memberikan pemahaman tentang pajak kepada masyarakat.

     Pada inti acara dipaparkan Materi Inklusi Perpajakan yang sudah disusun dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS) mata kuliah Pendidikan Agama, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Pancasila, serta Pendidikan Kewarganegaraan. Beberapa dosen yang menjadi pemateri di antaranya adalah Mulyadi., SAG., MM., Gatot Subiyakto., SH., MM., Ary Natalina dan masih banyak lagi. Setiap dosen yang menjadi pemateri mewakili mata kuliah yang diajarkan. Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih 4 jam ini berlangsung dengan lancar dan ditutup dengan doa kembali serta foto bersama.

 

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>