Latar Belakang
      Pembangunan nasional Negara KesatuanRepublik Indonesia mempunyai tujuan untuk menyejahterakan dan memakmurkan seluruh rakyat Indonesia secara merata dan berkeadilan,  dibutuhkan pendanaan yang bersumber dari penerimaan Negara terutama yang berasal dari pajak. Dalam rangka memenuhi kebutuhan penerimaan pajak tersebut diperlukan pemberian akses yang luas bagi otoritas perpajakan untuk menerima dan memperoleh informasi keuangan bagi kepentingan perpajakan.

      Saat ini masih terdapat keterbatasan akses bagi otoritas perpajakan Indonesia untuk menerima dan memperoleh informasi keuangan yang diatur dalam undang-undang di bidang perpajakan, perbankan, perbankan syariah, dan pasar modal, serta peraturan perundang-undangan lainnya, yang dapat mengakibatkan kendala bagi otoritas perpajakan dalam penguatan basis data perpajakan untuk memenuhi kebutuhan penerimaan pajak dan menjaga keberlanjutan efektivitas kebijakan pengampunan pajak.

      Pada tanggal 23 Agustsu 2017 telah diundangkan Undang-undang RI Nomor 9 Tahun 2017 Penerapan Peraturan Pemerintah pengganti Undang-undang Nomor 1 tahun 2017 tentang aksesi nformasi keuangan untuk kepentingan perpajakan. Hal ini merupakan wujud komitmen keikutsertaan Indonesia dalam mengimplementasikan pertukaran informasi keuangan secara otomatis (Automatic Exchange of Financial Account Information).  Automatic Exchange of Financial Account Information (AEOI) adalah kerjasama antara 139 negara (per 17 Januari 2017) yang tergabung dalam Global Forum untuk saling membuka data finansial di negaranya masing-masing.

      Sejalan dengan ini Tax Center Universitas Gunadarma merasaperlu kajian yang lebih mendalam dalam bentuk Seminar dan diskusi Nasional dengan melibatkan berbagai pihak akademisi, praktisi, perbankandan DJP. Seminar dandiskusi Nasional ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan tahunan Gunadarma Tax Festival.  Kegiatan ini pertama kali dilakukan dan akanmenjadi agenda tahunanTax Center Universitas Gunadarma bekerjasama dengan Direktorat Jendral Pajak. 

Tujuan Kegiatan

Tujuan Kegiatan Seminar Nasional ini adalah memberikan informasi pada berbagai pihak terkait Automatic Exchange of Financial Account Information (AEOI). Dalam hal ini Tax Center Universitas Gunadarma ingin berperan dan memberikan dukungan penuh serta memahami hal-hal apa saja yang perlu dikembangkan dan ditekankan dalam menyiapkan anak didik (mahasiswa) dan masyarakat dalam rangka edukasi pajak.  Hal ini sangat penting guna dapat menyiapkan sumber daya manusia Indonesia yang sadar dan taat pajak.

Waktu dan Tempat

Kegiatan dilaksanakan tanggal 22 dan 23 November 2017  

Kampus D Universitas Gunadarma Jalan Margonda Raya no 100 Depok

Tahapan Olimpiade

Pendaftaran Online     : 2 Oktober 2017 – 10 November 2017

Penyisihan Online       : 11 November 2017

Technical Meeting       : 18 November 2017

Semi Final                     : 22 November 2017

Final                               : 23 November 2017

SEMINAR NASIONAL 1

“UPAYA MENANAMKAN KESADARAN WAJIB PAJAK MELALUI INKLUSI KESADARAN PAJAK “

Pembicara 1 : Direktorat Jendral Pajak

Pembicara 2 : Representatif

Moderator : –

Tanggal : 22 November 2017

Waktu : 13.00 WIB –16.00 WIB

Tempat : Audiotrium D460, Universitas Gunadarma

SEMINAR NASIONAL 2

“URGENSI INDONESIA MENERAPKAN KETERBUKAAN AKSES INFORMASI KEUANGAN AUTOMATIC EXCHANGE OF FINANCIAL ACCOUNT INFORMATION (AEOI)”

Pembicara 1 : Direktorat Jendral Pajak

Pembicara 2 : Representatif

Moderator : –

Tanggal : 23 November 2017

Waktu : 13.00 WIB –16.00 WIB

Tempat : Audiotrium D460, Universitas Gunadarma