Pengetahuan dan penerapan peraturan perundang-undangan perpajakan dan serta implementasi penghitungan pajak memerlukan pembelajaran secara terstruktur, terarah, terpadu melalui pendidikan dan pelatihan yang unggul dan profesional. Di sisi lain, meskipun pemahaman perpajakan para wajib pajak belum cukup memadai, wajib pajak diharapkan dapat melaksanakan hak dan kewajibannya secara benar, jelas, dan lengkap, sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Untuk meminalisasi ketidaktahuan tersebut, diperlukan sosialisasi terintegrasi baik oleh pemerintah, para profesi perpajakan maupun penyelenggara pendidikan dan pelatihan perpajakan agar pemahaman terhadap perpajakan ini semakin baik.

Berdasarkan kondisi di atas maka pendidikan dan pelatihan perpajakan, khususnya sektor pendidikan dan pelatihan informal sangat penting untuk dikembangkan secara bertahap dan berkesinambungan agar mempercepat akselerasi terjadinya pencerdasan wajib pajak. Untuk menghasilkan teknisi perpajakan yang kompeten dan professional dalam melaksanaan kewajiban dan hak di bidang perpajakan, kami Tax Center Universitas Gunadarma telah membuka kursus Brevet A dan B terpadu terdiri dari Kelas Khusus dan Reguler (umum).

Program pendidikan dan pelatihan pajak ini diselenggarakan secara terstruktur, terarah, terpadu, dan professional. Guna memenuhi tuntutan standar kompetensi kerja bidang perpajakan sehingga dapat memenuhi tuntutan dunia kerja dan dunia industri.

Pengajar
Pengajar pelatihan atau instruktur berasal dari Kantor Pelayanan Pajak dan para praktisi perpajakan.

Waktu Pelatihan

Sertifikat
Setiap peserta yang telah mengikuti semua ujian materi dan mendapatkan nilai, maka diberikan sertifikat yang mencantumkan nilai ujian.

Materi
Materi yang diberikan telah disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) untuk teknisi Perpajakan, terdiri dari:

  1. Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP)
  2. PPh Pasal 21 dan e-SPT PPh Pasal 21
  3. PPh Pemotongan / Pemungutan dan e-SPT Pot/Put
  4. PPN dan PPnBM dan e-Faktur
  5. PPh Orang Pribadi dan SPT PPh Orang Pribadi
  6. PPh Badan dan SPT PPh Badan
  7. Pajak Daerah dan Retribusi Daerah
  8. Customs Broker

Email:taxcenter@gunadarma.ac.id;taxcenter.ug@gmail.com
Telpone: 021-7888-111-2 ext : 110