Ratusan mahasiswa dan dosen Universitas Gunadarma secara antusias mengikuti kuliah umum yang disampaikan oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati, Jumat (11/8/2017).

Para peserta kuliah umum tersebut memenuhi Auditorium Kampus D Universitas Gunadarma Jalan Margonda Depok, sedangkan kuliah umum dilakukan melalui teleconference dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jakarta dan juga diikuti 11 perguruan tinggi dari berbagai wilayah di Indonesia.

Mahasiswa Universitas Gunadarma merasa bangga bisa mengikuti kuliah umum yang disampaikan oleh seorang menteri.

“Saya berasa bangga dan beruntung bisa mengikuti kuliah umum ini. Saya juga menjadi paham terkait pajak dan APBN setelah mendengarkan penjelasan Menteri Keuangan,” kata Zulkarnain Daulay, Mahasiswa yang semester enam jurusan akuntasi.

Rasa bangga bisa mengikuti kuliah umum juga disampaikan rekan Zulkarnain, Umar Abdilah.

“Saya bangga, apalagi saya mahasiswa yang berasal dari daerah. Saya memilih kuliah di Universitas Gunadarma karena saya percaya kualitasnya bagus,” kata Umar yang berasal dari Ponorogo Jawa Timur.

Para peserta sangat antusias memperhatikan penjelasan Sri Mulyani, kadang suasana hening kadang riuh dengan tepuk tangan, kadang juga ada gelak tawa ketika Sri Mulyani menyampaikan materi secara lucu.

Dalam kuliah umumnya, Sri Mulyani menjelaskan kondisi Indonesia masih tertinggal jauh dari negara-negara lain terutama dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM) ataupun dari indeks Program For International Student Assessment (PISA) juga sangat tertinggal bahkan dari negara Vietnam.

“Dalam APBN, kami memiliki prinsip bahwa Indonesia harus menetapkan keberpihakan anggaran pendidikan tetap dijaga di angka 20%. Alokasinya saat ini Rp426,7 triliun. Itu kami jaga dari dulu, agar sektor ini selalu lebih baik ke depannya,” katanya.

Sri Mulyani juga menjelaskan 75% pendapatan negara tersebut berasal dari pajak, oleh sebab itu ia mengajak masyarakat untuk taat pajak sebagai salah satu bentuk cinta tanah air.

“Membayar pajak bukan karena keterpaksaan namun harus menjadi kebanggan sebagai salah satu bentuk cinta tanah air,” tegasnya.

Acara kuliah umum oleh Menteri Keuangan tersebut salah satu kegiatan dari acara Pajak Bertutur, Membangun Generasi Indonesia Emas yang Sadar Pajak.

Pada acara ini juga selengarakan talk show dengan salah satu nara sumber, Kepala Seksi Bimbingan Penyuluhan & Pengelolaan Dokumen Kanwil DJP Jawa Barat III, Waluyo.

Sumber : http://www.depoknews.id/2017/08/mahasiswa-universitas-gunadarma_11.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>